Kemudahan Belanja Herbal Sehat Ada Disini - FKC Pasti

Cara meningkatkan HDL, dan menurunkan LDL

Tuesday, September 26th 2017.
HDL ini yang disebut orang awam dengan kolesterol baik. LDL ini yang disebut orang awam dengan kolesterol jahat. Kalau kita baca artikel sebelumnya dengan judul Kolesterol Baik melawan Kolesterol Jahat , maka yang sebenarnya :

HDL, dan LDL adalah lipoprotein yang terdiri dari kolesterol + trigliserida + fosfolipid + Apoprotein

Sejumlah praktisi kesehatan menyebut HDL sebagai lemak baik, dan LDL sebagai lemak jahat, untuk menjelaskan lebih mudah ke orang awam. Menurut saya istilah itu, masih lebih baik daripada disebut kolesterol baik, maupun kolesterol jahat. ?

Kita sudah mengetahui apa itu HDL, dan LDL dari artikel sebelumnya. Untuk mengingatkan kembali saya akan menjelaskan lagi secara singkat.

Saya tambahkan juga informasi dari profil lemak /lipid yang lain, yaitu trigliserid. Oke, kita bahas yaa.

Tujuan dari kita membaca artikel ini, adalah mengubah gaya hidup kita menjadi sehat, untuk mencapai target/sasaran, yaitu:

  1. Bagaimana meningkatkan kadar HDL lebih dari > 60 mg/dL
  2. Bagaimana menurunkan kadar LDL  kurang dari < 100 mg/dL
  3. Bagaimana menurunkan kadar Kolesterol Total   kurang dari <200 mg/dL
  4. Bagaimana menurunkan kadar Trigliserida  kurang dari < 150 mg/dL

kolesterol 15

  • Kita bisa mengeceknya melalui Pemeriksaan Lab darah. Untuk uji kolesterol Sebaiknya diambil setelah kita  puasa 8 jam, boleh minum sedikit air putih.

Ayo, kita bahas sedikit,

kolesterol 14

kolesterol baik 4

♥HDL: Fosfolipid Baik yang Membawa kolesterol dari pembuluh darah ke hati   Dia membersihkan pembuluh darah dari plak

♥LDL: Fosfolipid jahat yang Membawa Kolesterol dari hati ke pembuluh darah ⇒ Dia membuat plak di pembuluh darah ⇒Semakin LDL dan kolesterolnya berlebih, maka semakin beresiko terjadinya stroke dan penyakit jantung koroner akibat sumbatan plak kolesterol di pembuluh darah.

♥Kolesterol Total : Total kolesterol darah Anda adalah pengukuran dari jumlah kolesterol di HDL, di LDL, dan komponen lipid/lemak lainnya.

Target kita adalah:

hdl 1

Oke, sekarang kita bahas sebentar mengenai trigliserida

♥Trigliserida

Trigliserida adalah bentuk kimia dari sebagian besar lemak yang ada dalam makanan dan tubuh. Kadar trigliserida yang tinggi telah dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi terkena penyakit arteri koroner atau mempermudah terjadinya plak di pembuluh darah arteri (aterosklerosis) .  Berikut ini rinciannya:

Trigliserida(mg/dL) Kategori Trigliserida
Kurang dari 150 Normal
150-199 Agak Tinggi
200-499 Tinggi
500 atau lebih tinggi Sangat Tinggi

Trigliserida (lemak yang berasal dari makanan). Kelebihan kalori atau gula dalam tubuh akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel-sel lemak di seluruh tubuh).

Sel-sel lemak tersebut juga tertimbun di lapisan perut. Jadi kalau kita ingin mempunyai perut six-pack atau minimal tidak buncit, maka Batasilah atau kurangi: makanan atau minuman yang mengandung gula, karbohidrat, dan lemak.

hdl 9

Selain mengurangi makanan atau minuman bergula, karbohidrat, dan berlemak, dianjurkan juga untuk minum susu berkalsium tinggi serta rendah lemak (low fat) dan rutinlah berolahraga.

Gula dan makanan yang terbuat dari tepung, seperti: Roti, Mie, dan lain-lain adalah jenis karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar trigliserida. Berarti Anda sebaiknya membatasi juga konsumsi gula dan makanan olahan yang terbuat dari tepung.


@.@  Kesimpulannya:  Kita Harus mengurangi resiko pembentukan plak pada pembuluh darah arteri karena plak itu dapat membentuk sumbatan di pembuluh darah dan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti Penyakit Jantung Koroner dan Stroke..

Jadi, Sasaran Pemeriksaan Lab Darah Kita kalau mau sehat, adalah :

  1. Bagaimana meningkatkan kadar HDL lebih dari > 60 mg/dL
  2. Bagaimana menurunkan kadar LDL  kurang dari < 100 mg/dL
  3. Bagaimana menurunkan kadar Kolesterol Total   kurang dari <200 mg/dL
  4. Bagaimana menurunkan kadar Trigliserida  kurang dari < 150 mg/dL

kolesterol 15

Pemeriksaan Lab darah untuk uji kolesterol Sebaiknya diambil setelah kita  puasa 8 jam, boleh minum sedikit air putih


Sekarang kita bahas bagaimana cara Meningkatkan HDL, dan menurunkan LDL, sekaligus menurunkan kadar trigliserida, dan menurunkan kolesterol total.

Tujuannya, Supaya mencapai target/ sasaran pemeriksaan lab darah yang ideal/ sehat. Dengan kata lain Memperbaiki Profil Lemak Anda.

1001 Cara Memperbaiki profil Lemak Anda (Supaya HDL meningkat, LDL menurun, Trigliserida Menurun, Kolesterol total tidak berlebihan)

Kelainan dari metabolisme lemak /profil lemak, bahasa kedokterannya dislipidemia. Simplenya, hasil lab darahnya jelek-jelek ? .

Dislipidemia harus kita perbaiki profil lemaknya dengan Perubahan pola makan dan gaya hidup yang sehat, meskipun dimulai dari perubahan yang kecil.

Berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki  profil lemak Anda:

1. Jus Jeruk.

Menurut sebuah penelitian kecil di Inggris, dengan minum tiga gelas jus jeruk sehari, Anda dapat meningkatkan kadar HDL sebesar 21%. Penelitian tersebut  memfokuskan efek antioksidan tinggi dari buah-buahan dan sayuran.

2. Beban glikemik.

Beban glikemik adalah urutan dari seberapa besar porsi standar makanan tertentu dalam meningkatkan gula darah Anda. Menurut penelitian kecil baru-baru ini, seiring beban glikemik dalam pola makan Anda naik, maka kolesterol HDL menurun. 

Makanya, jangan makan sembarangan, yang penting perut kenyang. ? Tetapi pilihlah makanan-makanan yang menyehatkan.

Sejalan dengan prinsip tersebut, laporan NCEP merekomendasikan agar sebagian besar asupan karbohidrat kita sebaiknya berasal dari whole grains (gandum), sayuran, buah-buahan, bebas lemak, dan produk susu rendah lemak (low-fat/non-fat). Hal ini karena makanan tersebut cenderung berada di bagian bawah dari skala glikemik.

3. Memilih Lemak baik.

Mengganti lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh tunggal tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar LDL, tetapi juga dapat meningkatkan kadar HDL, menurut penasihat buletin Food & Fitness dari Pusat Kesehatan Wanita Universitas Cornell.

lemak 1

4. Perhatikan Minyak goreng yang Anda pakai

INGAT, MINYAK GORENG yang dipakai berulang-ulang kali, bahkan berubah warna menjadi hitam. TIDAK BOLEH dipakai lagi !! karena itulah sumber minyak jenuh = minyak trans = minyak jahat YANG BERESIKO MENURUNKAN KADAR HDL, MENINGKATKAN KADAR LDL, dan MENINGKATKAN KOLESTEROL SECARA BERLEBIHAN,  juga bersifat Karsinogenik atau pemicu kanker, serta sumber radikal bebas yang merusak jaringan tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit.

Maksimal penggunaan minyak goreng 2 kali pakai sampai 3 kali pakai. lebih dari itu harus dibuang.

5. Kedelai.

Makanan atau minuman berbahan dasar kedelai dapat memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Produk kedelai mengandung lemak jenuh yang rendah dan tinggi kandungan lemak tidak jenuh. Produk kedelai juga tinggi serat.

Produk hasil olahan dari kedelai antara lain: susu kedelai, tahu, tempe, tauco.

Sebuah penelitian menemukan bahwa protein kedelai, dan juga isoflavon yang ditemukan dalam kedelai dapat menaikkan kadar HDL sebesar 3%, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner sekitar 5%,” kata Mark Messina, PhD, seorang ahli kedelai ternama.

Messina mengatakan bahwa kedelai dapat juga menyebabkan pengurangan kadar kolesterol LDL dan trigliserida (jenis lain dari lemak darah), dan kemungkinan peningkatan fungsi pembuluh darah.

Penelitian lain menunjukkan ada penurunan kolesterol LDL (sekitar 3%) dan trigliserida (sekitar 6%) dengan sekitar tiga porsi kedelai per hari, yaitu kira-kira 0,45 kg tahu

6. Anggur Merah.

Anggur merah, yang kaya akan antioksidan, sangat berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL

7. Olahraga Aerobik

Menurut banyak ahli kesehatan, dengan cukup giat berolahraga selama setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu, merupakan resep olahraga yang dapat membantu meningkatkan kadar HDL Anda.

8. Berhenti merokok.

Para ahli setuju bahwa dengan menghentikan kebiasaan merokok dapat juga meningkatkan kadar HDL Anda.

9. Menurunkan berat badan.

Saya pakai huruf yang lebih besar, karena banyak dari kita yang mengalami Obesitas. Dan ini sangat beresiko terhadap gangguan kesehatan.

Menurut NCEP (National Cholesterol Education Program), kelebihan berat badan atau obesitas memberikan kontribusi pada rendahnya kadar kolesterol HDL, dan termasuk sebagai salah satu penyebab kadar HDL rendah.

Perhitungan Berat Badan IDEAL adalah : Tinggi badan(cm) – 100 – 10% dari (tinggi badan-100)  = HASIL.  Rentang BB yang ideal adalah plus minus 10% dari HASIL.

Oke saya beri contoh teman saya Mou , tinggi badannya 175 cm , Berat badannya 85 kg. pertanyaan: Berapa rentang BB yang ideal untuk Mou?? dan jika obesitas, berapa kg dia Harus menurunkan berat badannya untuk mencapai Berat Badan Ideal??.

* Jadi bb idealnya  adalah =

  • 175-100 – 10%nya dari (175-100)
  • 175-100 – 10% (75)
  • 175-100-7,5
  • =  67,5 kg

Rentang BB idealnya, berarti  (67,5 -6,75) sampai (67,5+6,75)   = jadi Rentang Berat badan idealnya adalah  60,75 kg – 74,25 kg.

Okelah kita bulatkan saja  ? . Jadi Rentang Berat Badan Idealnya adalah 60 kg-75 kg.  Berarti Mou harus menurunkan Berat Badannya sebanyak 10 kg.

*Perhitungan Berat badan ideal juga bisa menggunakan indeks massa tubuh(IMT).

hdl 3

hdl 4

Perhitungannya :  (BB dalam kg) dibagi (Tinggi badan dalam meter) , lalu dibagi lagi (Tinggi badan dalam meter)

Berat badan Mou : 85 kg dibagi 1,75 dibagi lagi 1,75 , maka IMT nya: 27,75 kg/ m2  (termasuk  Obesitas Grade 1)

kegendutan ^-^

10. Jangan Stress

Stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah, menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak dari kolesterol menumpuk di arteri. Dan penelitian menunjukkan bahwa untuk beberapa orang, stres dapat langsung meningkatkan kadar kolesterol.

hdl 8

Kurangi tingkat stres Anda dengan berdoa, latihan relaksasi, meditasi. Fokus pada pernapasan Anda dan ambil napas yang dalam dan menyegarkan. Ini adalah cara mengurangi stres sederhana yang dapat dilakukan di mana saja.

11. Perhatikan Makanan Anda

Pilihlah makanan yang menyehatkan, bukan asal kenyang

  • Pilih makanan yang dipanggang, dioven, dikukus, dan dibakar, dan HINDARI YANG DIGORENG. Apalagi jika minyak goreng yang dipakai itu digunakan berulang-ulang kali (jangan lebih dari 2 atau 3 kali pemakaian)

Kentang goreng, donat tidak dianjurkan karena mengandung lemak trans yang mengganggu profil lemak Anda.

  • Makan- makanan fast food atau junk food, juga kurang sehat, karena garam dan lemaknya tinggi. Selain itu rendah serat.
  • Mengontrol porsi makan. Jangan Makan berlebihan. Ada pepatah makan sebelum lapar, dan BERHENTI sebelum kenyang
  • lemak 2  Jangan kebanyakan makan ini. Telur puyuh, kuning telur, kulit, santan,  jero-jeroan (dalaman seperti otak, hati, jantung, usus, paru), kerang. daging berlemak,  Memang menggiurkan.  Tapi KOLESTEROLNYA TINGGI!!

Pilihlah makanan-makanan penurun kolesterol

kolesterol 3

12. Ikuti Saran Dokter Anda

Mengelola kolesterol anda merupakan proses seumur hidup. Temui dokter Anda  secara teratur untuk mengawasi kesehatan Anda. Ikuti rekomendasi dokter anda mengenai pola makan, olahraga, dan pengobatan.

Boleh konsultasi juga dengan nutritionist atau ahli gizi atau dokter spesialis gizi, untuk memperoleh data perhitungan kalori dan pola makan yang sehat. Harus dituruti. ? 

Dengan kerjasama Anda dan dokter Anda, maka Anda dapat memperbaiki profil lemak Anda, dan mencapai sasaran pemeriksaan hasil Lab darah yang ideal, yaitu:

  1. Kadar HDL lebih dari > 60 mg/dL
  2. Kadar LDL  kurang dari < 100 mg/dL
  3. Kadar Kolesterol Total   kurang dari <200 mg/dL
  4. Kadar Trigliserida  kurang dari < 150 mg/dL

Berikut  Saya Berikan

Tabel Kandungan Kolesterol dari per 10 gr bahan makanan

No. Nama Kandungan(mg) Kategori
1 Putih telur ayam 0 Sehat
2 Teripang 0 Sehat
3 Ubur-ubur 0 Sehat
4 Susu sapi tanpa lemak (nonfat) 0 Sehat
5 Daging ayam pilihan tanpa kulit 50 Sehat
6 Daging bebek pilihan tanpa kulit 50 Sehat
7 Ikan sungai biasa 55 Sehat
8 Daging sapi pilihan tanpa lemak 60 Sehat
9 Daging babi pilihan tanpa lemak 60 HARAM
10 Daging kelinci 65 Sehat
11 Daging kambing tanpa lemak 70 Sehat
12 Ikan ekor kuning 85 Sehat
13 Daging asap 98 Sekali-sekali
14 Iga sapi 100 Sekali-sekali
15 Iga babi 105 Haram
16 Daging sapi 105 Sekali-sekali
17 Burung dara 110 Sekali-sekali
18 Ikan bawal 120 Sekali-sekali
19 Daging sapi berlemak 125 Sekali-sekali
20 Lemak sapi 130 Sekali-sekali
21 Lemak kambing 130 Sekali-sekali
22 Daging babi berlemak 130 Berbahaya
23 Keju 140 Hati-hati
24 Sosis daging 150 Hati-hati
25 Kepiting 150 Hati-hati
26 Udang 160 Hati-hati
27 Kerang/siput 160 Hati-hati
28 Belut 185 Hati-hati
29 Santan Kelapa 185 Hati-hati
30 Lemak babi 200 Berbahaya
31 Susu sapi 250 Berbahaya
32 Susu sapi krim 280 Berbahaya
33 Coklat (cacao) 290 Berbahaya
34 Mentega/margarine 300 Berbahaya
35 Jeroan sapi 380 Berbahaya
36 Jeroan babi 420 Berbahaya
37 Kerang putih/remis/tiram 450 Berbahaya
38 Telur ayam 500 Berbahaya
39 Jeroan kambing 610 Berbahaya
40 Cumi-cumi 1.170 Dilarang
41 Kuning telur ayam 2.000 Dilarang
42 Otak sapi 2.300 Dilarang
43 Otak babi 3.100  Berbahaya
44 Telur burung puyuh 3.640 Dilarang

Sumber: Singapore General Hospital

Sasaran Profil Lemak Lengkap  menurut National Cholesterol Education Program (NCEP)  yang ingin dicapai adalah:

  • Kadar kolesterol HDL lebih dari atau sama dengan 60 mg/dL
  • Kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL
  • Total kolesterol kurang dari 200 mg/dL
  • Kadar trigliserida kurang dari 150 mg/dL.

Ada tambahan perhitungan saya yang terakhir:

  • Sasaran kita juga mencakup rasio antara LDL/HDL  kurang dari 3
   
Rasio LDL/HDL Cardio Risk (Resiko penyakit jantung)
           <3 Resiko rendah
    3 sampai 5 Resiko sedang
             >5 Resiko tinggi

Bagi saja nilai kadar LDL dengan HDL, jika didapati kurang dari 3, Maka Anda memiliki resiko yang rendah untuk penyakit jantung

Misal:

  • LDL= 90 mg/dL,
  • HDL = 60 mg / dL   .
  • Jadi rasio LDL/HDL = 90 mg/dL : 60 mg/ dL
  • = 1,5  . artinya kurang dari < 3  (resiko rendah, jadi hasilnya bagus) ?

Tapi jika hasil lab darah Anda:

  • LDL=180 mg/dL,
  • HDL = 30 mg / dL
  • rasio LDL/HDL = 180 mg/dL : 30 mg/ dL   = 6
  • jelek.
  • Artinya  rasio LDL/HDL lebih dari > 5  (resiko tinggi), Artinya Anda sangat beresiko untuk terkena Penyakit jantung dan stroke.

Mulailah Dengan Memperbaiki Pola Makan Sehat dan Gaya Hidup Anda.

Check Up Secara Teratur dan Berkonsultasilah Dengan dr. Yang Anda Percaya..

kolesterol 15

Demikian penjelasan singkat mengenai pengaturan pola makan, gaya hidup,  dan informasi tentang profil lemak (HDL, LDL, Trigliserid, dan Total Kolesterol).

Saya bahas dalam 3 artikel yang mudah dimengerti. Hopely bermanfaat. Please to share. ^-^ God Bless

Sumber Berita: WebMD

Produk terbaru

Rp 685.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081245118006
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode2005
Nama BarangWonder Meal
HargaRp 685.000
Lihat Detail
Limited
Rp 740.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081245118006
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode2001A
Nama BarangTridans
HargaRp 740.000
Lihat Detail
Rp 490.000 560.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081245118006
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode4002
Nama BarangMorning Power
HargaRp 490.000 560.000
Anda HematRp 70.000 (12.50%)
Lihat Detail
Rp 490.000 560.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081245118006
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode2002A
Nama BarangLiveright
HargaRp 490.000 560.000
Anda HematRp 70.000 (12.50%)
Lihat Detail
Rp 640.000 740.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081245118006
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode2006
Nama BarangKids Vitamin
HargaRp 640.000 740.000
Anda HematRp 100.000 (13.51%)
Lihat Detail
Rp 525.000 600.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081245118006
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode2003A
Nama BarangJoint Again
HargaRp 525.000 600.000
Anda HematRp 75.000 (12.50%)
Lihat Detail